Minggu, 28 Februari 2016

MEMASANG AKUATOR PARABOLA

Memasang Aktuator Parabola

 Aktuator Parabola adalah alat penggerak dish antena parabola anda, dengan menggunakan aktuator (penggerak) anda tidak lagi perlu memasang banyak LNB di fokus dish cukup dengan satu aktuator anda dengan mudah memilih berbagai macam satelit yang diinginkan maka cara memasang Aktuator parabola juga merupakan hal yang sangat penting.
Pasang aktuator memerlukan kecermatan khusus agar pembagian azimuth barat dan timur menjadi balance. Kecuali jika anda berniat untuk mengoptimalkan salah satu arah sudut, misalnya anda lebih dominan mencari satelit di wilayah Barat maka anda dapat mengatur telescopic (bagian yang keluar masuk atau pendorong) lebih maksimal.
Untuk mengatur dan memaksimalkan kerja aktuator anda dalam menerima satelit akan saya jelaskan dengan gambar ( karena dengan gambar semua penjelasan akan semakin jelas).


Mari kita perhatikan gambar di atas :

  1. Jika anda pasang aktuator sama persis seperti gambar di atas maka gerakan dish parabola anda ke barat dan ketimur akan balance (sama) besar
  2. Namun jika anda berniat untuk lebih banyak mengambil sudut kearah Barat (misalnya) maka pada bagian pemegang (arm)  yang ditandai dengan panah warna merah anda geser lebih kedalam, atau bisa juga anda atur posisi telescopic (bagian yang keluar masuk) lebih kedalam.
  3. Yang perlu diperhatikan usahakan pengaturan tersebut di atur sebelum dipasang di tiang antena.
  4. Pada point (2) dapat anda terapkan juga untuk arah yang berlawanan (Timur) yaitu dengan cara kebalikannya.
  5. Setelah aktuator terpasang jangan buru buru di gerakkan namun atur terlebih dahulu baut-baut engsel (bushing) terutama pada titik A, agar tidak terlalu kencang, sebab jika terlalu kencang atau ketat akan mengganggu pergerakan dish dan dorongan/tarikan aktuator akan dapat merusak Aktuator bahkan dish parabola anda.

1 komentar: